Selasa, 29 Januari 2013

Novel Namaku Mata Hari

Akhirnya, mereview buku lagi, jika dihitung-hitung sudah 5 novel yang habis Icha lahap sejak jadi isteri mas, 1 Bulan 1 Minggu lalu.

Walau ini novel terakhir yang sedang Icha baca saat ini, tapi ini akan jadi novel pertama yang Icha review pagi ini.

Identitas Buku:
Judul : Namaku Mata Hari (Cerita Bersambung yang pernah dimuat di harian KOMPAS)
Penulis: Remy Sylado
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama (Jakarta, 2011)
Tebal Buku : 1-560 Halaman
Tempat pinjam : PERPUMDA Jakarta (ahahaha)

" Kalau laki-laki bisa, kenapa perempuan tidak bisa"
Yap, itu kalimat yang sepertinya didengungkan oleh seorang tokoh Mata Hari di Novel ini. Nama asli Mata Hari adalah Margaretha Geertruida. Lahir pada tahun 1876  di Leeuwarden, Belanda, dikepalanya.

seperti yang teman-teman pernah dengar, Mata Hari adalah seorang penari Eksotik, Perempuan penjaja cinta semalam sekaligus seorang mata-mata Prancis dan Jerman (apa ya istilahnya,,, Agen Ganda). Novel kali ini membahas kehidupan Mata Hari dari sisi berbeda, sebagian besar isi novel ini tentang kehidupan Mata Hari di negara asal sang ibu, Indonesia.

Walaupun setahu Icha ini bukan novel sejarah, tapi ternyata lumayan juga untuk menambah sedikit pengetahuan tentang sesosok Mata Hari. Apa yang kira-kira menjadi latar belakang kehidupannya dan apa tanggapan dia terhadap kehidupan.

Mata Hari lahir dan dibesarkan di Belanda, kemudian menikah dengan seorang tentara yang akan dikirim ke Indonesia, menjalani kehidupan rumah tangga yang aneh sekaligus sepertinya meletihkan. Pengalaman berumah tangga seperti ini yang kemudian melatari seorang Mata Hari untuk mempermainkan kehidupannya sendiri. Terlebih sebelumnya Mata Hari telah memilih untuk menjadi seorang atheis.

Sebenarnya, kasihan juga membaca kehidupannya. Mata Hari bermaksud membebaskan dirinya sedang sebenarnya dirinya sendiri tidak pernah bebas. Dijauhkan dari anak satu - satunya yang bertahan hidup. Dari novel ini Icha belajar bahwa, balas dendam terbaik dalam hidup ini adalah dengan terus melangkah maju dan melupakan niat balas dendam, jika tidak kehidupan seperti Mata Hari yang kemungkinan akan Icha hadapi. Beralasan dendam terhadap perlakuan suami dan terlalu menuruti insting, maka akan terciptalah sesosok manusia seperti Mata Hari.

Tidak ada yang salah dengan novel ini, yang salah adalah, novel ini dibaca orang yang salah. Ahahaha.

Dari yang Icha baca, novel ini menggunakan tata bahasa yang lumayan tinggi walau kadang ada kata - kata kedaerahan yang kasar juga. Membaca novel ini bagi Icha pribadai dibeberapa bagian masih perlu terjemahan dari google karena bahasanya terlalu tinggi. padahal yang Icha baca novel berbahasa Indonesia loh.

Apa lagi ya?
hmmm,, oh iya, Novel ini juga dilengkapi oleh gambar-gambar hitam putih dari sosok Mata Hari. Nama Mata Hari, dalam novel ini diilhami dari kedatangan margaretha ke Borobudur.

Referensi tentang Mata Hari:
Wikipedia
biographyonline

Foto-foto yang ada dibukunya diambil dari :
http://www.drstrange.nl/matahari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar